PENGARUH PERSEPSI RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR DI LANGKAT

Mia Sari (2023), PENGARUH PERSEPSI RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR DI LANGKAT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui bagaimana pengaruh persepsi risiko bencana terhadap kesiapsiagaan bencana pada masyarakat desa pekubuan Kecamatan tanjung pura. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Kecamatan Tanjung Pura. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kriteria sampel yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) yang tinggal didesa pekubuan tanjung pural, (2) ayah atau ibu didalam satu keluarga, dan (3) memiliki pengalaman akan bencana banjir. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 174 subjek, dan semuanya pernah mengalami kejadian banjir didesa tersebut. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan data yang diolah mengunakan Microsoft Excel dan SPSS Statistic 25.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai p-value 0,03 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dan nilai F hitung 3,010 lebih besar dari nilai F tabel 0,1488. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi risiko bencana terhadap kesiapsiagaan bencana pada masyarakat desa pekubuan Kecamatan tanjung pura. Jika persepsi risiko bencananya tinggi maka kesiapsiagaan bencananya juga akan meningkat. Persepsi risiko bencana yang tinggi, artinya masyarakat memiliki nilai kepercayaan bahwa tempat yang mereka tinggali memiliki risiko akan bencana alam dan akhirnya merasa memiliki tanggung jawab, kontrol, penerimaan dan respon yang tinggi akan risiko bencana. Maka dari itu masyarakat yang tinggal di desa pekubuan Kecamatan tanjungpura, sebaiknya lebih mengenali dan mempelajari tentang manajemen bencana, salah satunya adalah tentang kesiapsiagaan bencana. Mengetahui dan melakukan kesiapsiagaan bencana akan membuat masyarakat mengetahui tindakan yang tepat baik sebelum, sesaat dan sesudah bencana terjadi agar dapat meminimaliris dampak risikonya.

Kata kunci : Persepsi Risiko Bencana, Kesiapsiagaan Bencana

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mia Sari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 13-09-2023 14:58
Terakhir diubah : 15-09-2023 10:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4535
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!