ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI JAMBU MADU (SYZYGIUM EUGENIA AQUEA) DI DESA PANTAI CERMIN KECAMATAN TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT

MUTIARA NIKEN SARY (2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI JAMBU MADU (SYZYGIUM EUGENIA AQUEA) DI DESA PANTAI CERMIN KECAMATAN TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh luas lahan, biaya pupuk, biaya pestisida, biaya tenaga kerja dan pengalaman bertani terhadap pendapatan usahatani jambu madu (Syzygium eugenia aquea) di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan nonprobability sampling. Jenis nonprobability sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 petani jambu madu di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan usahatani jambu madu di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat digunakan analisis statistic dengan metode regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa luas lahan, biaya pestisida dan biaya tenaga kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan usahatani jambu madu di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat dan variable biaya pupuk serta pengalaman berusahatani tidak berpengaruh terhadap pendapatan usahatani jambu madu di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Kata kunci : Jambu Madu, Pendapatan dan Usahatani

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUTIARA NIKEN SARY
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 14:40
Terakhir diubah : 12-09-2023 14:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4522
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!