PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ALUE DUA KOTA LANGSA

WULAN MAULIDA (2023), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ALUE DUA KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penggunaan model pembelajaran sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dirancang suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif sehingga siswa termotivasi dalam belajar yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC).


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 2 Alue Dua Kota Langsa pada tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-B yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh yaitu semua anggota populasi merupakan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas data dan Uji-t untuk menguji hipotesis.


Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,163 dan ttabel 2,093 taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel yaitu 4,163 > 2,093 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) adalah 87,2 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 76. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Alue Dua Kota Langsa.


Disarankan bagi guru agar memilih model pembelajaran yang tepat, pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Diharapkan penelitian ini bisa menjadi referensi dan juga menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaa penyusunan penelitian selanjutnya, sehingga penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Kata kunci : Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar Kognitif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WULAN MAULIDA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 10:08
Terakhir diubah : 12-09-2023 10:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4516
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!