Pencarian
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD IT UMMI AISYAH
Afni Yusmarida (2023),
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD IT UMMI AISYAH. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Kondisi belajar siswa kelas V SD IT UMMI AISYAH saat proses pembelajaran tematik dilaksanakan cenderung bosan, siswa kurang aktif yang mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa hampir keseluruhan berada di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai dari siklus I, II, dan III. Pada siklus I hasil belajar kognitif memperoleh ketuntasan (62,16%) dengan rata-rata 67,27, hasil belajar afektif memperoleh ketuntasan (37,83%) dengan rata-rata 62,91, kemudian hasil belajar psikomotorik memperoleh ketuntasan (97,29%) dengan rata-rata 75,54. Kemudian pada siklus II hasil belajar kognitif memperoleh ketuntasan (81,08%) dengan rata-rata 69,18, pada hasil belajar afektif memperoleh ketuntasan (94,59%) dengan rata-rata 69,21, hasil belajar psikomotorik memperoleh ketuntasan (100%) dengan rata-rata 85,27. Kemudian pada siklus III hasil belajar kognitif siswa memperoleh ketuntasan (97,29%) dengan rata-rata 74,59, aspek afektif memperoleh ketuntasan (97,29%) dengan rata-rata 84,24, aspek psikomotorik mencapai ketuntasan (100%) dengan rata-rata 86,75. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran jigsaw II dengan tujuan siswa menjadi lebih termotivasi, percaya diri mampu bekerja sama dan meningkatkan hasil belajar siswa, serta diharapkan kepada peneliti lainnya dapat mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran jigsaw II pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang lebih luas
Kata kunci : Penerapan model pembelajaran jigsaw II, peningkatan hasil belajarFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Afni Yusmarida |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : PGSD (2023) |
Tanggal disimpan | : 08-09-2023 16:00 |
Terakhir diubah | : 14-09-2023 10:50 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2023 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4475 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |