ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) (STUDI KASUS : PETERNAKAN AYAM BROILER MILIK BAPAK SURYADI DI DESA TAPAK MERIAH KECAMATAN SILINDA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI)

AGUNG PRATAMA PURBA (2023), ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) (STUDI KASUS : PETERNAKAN AYAM BROILER MILIK BAPAK SURYADI DI DESA TAPAK MERIAH KECAMATAN SILINDA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dari usaha peternakan ayam broiler milik Bapak Suryadi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan dilakukan di Desa Tapak Meriah Kecamatan Silinda Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data Primer. Untuk mengetahui kelayakan usaha Peternakan ayam broiler milik Bapak Suryadi dilakukan studi kelayakan finansial yang dilihat dari Net Present Value (NPV), Payback Period (PP), Internal Rate of Retunr (IRR), dan Profability Index (PI). Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini dilakukan dengan sengaja (purposive sampling). Subjek dari penelitian ini sebagai narasumber yaitu Bapak Suryadi selaku pemilik dari usaha. Berdasarkan hasil analisis kelayakan finansial, hasil dari penelitian ini adalah usaha peternakan ayam broiler milik Bapak Suryadi memperoleh nilai NPV sebesar Rp1.385.329.471,48 yang lebih besar dari 0, IRR yang diperoleh sebesar 73,3% lebih besar dari suku bunga yang ditetapkan, PI yang diperoleh sebesar 3,4 lebih besar dari 1 (satu), dan Payback Periode adalah 1 tahun 4 bulan 19 hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha peternakan ayam broiler milik Bapak Suryadi layak untuk dijalankan.

Kata kunci : Net Present Value, Internal Rate of Return, Payback Periode, Profability Index

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : AGUNG PRATAMA PURBA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 08-09-2023 08:50
Terakhir diubah : 26-09-2023 08:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4467
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!