PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 3 LANGSA

Panggih Jumino (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 3 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kurang perhatian dalam pembelajaran dan sering kali mendapatkan siswa yang memperoleh nilai rata-rata di kelas kurang dari standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hal ini menunjukan rendahnya penguasaan materi pada siswa kelas IV SDN 3 Langsa yang berjumlah 23 siswa terdapat 5 siswa yang tuntas dan 18 siswa belum tuntas dari KKM 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui Model Snowball Throwing, pada pembelajaran tematik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observating) dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa siklus I 67,05% (kategori cukup), siklus II 83,48% (kategori baik) dan siklus III 87,57% (kategori sangat baik).

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Panggih Jumino
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 02-09-2023 17:41
Terakhir diubah : 06-09-2023 15:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4420
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!