PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GENDER, KEMAMPUAN AKADEMIS DAN PENGALAMAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA)

Melani Ningsih (2023), PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GENDER, KEMAMPUAN AKADEMIS DAN PENGALAMAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, gender, kemampuan akademis, dan pengalaman keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 269 mahasiswa dengan jumlah populasi 823 mahasiswa aktif dari angkatan 2018-2021 Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis terdiri dari uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan Y = 2.534 + 0,268X1 + 0,393X2 +0,104X3 + 0,130X4. Hasil penelitian untuk uji t pada variabel literasi keuangan, gender, dan pengalaman keuangan di peroleh sig < 0,05 yang menunjukan bahwa literasi keuangan, gender, dan pengalaman keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, sedangkan untuk variabel kemampuan akademis di peroleh sig > 0,05 yang menunjukan bahwa kemampuan akademis berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Selanjutnya uji F di peroleh sig < 0,05 menunjukan bahwa variabel literasi keuangan, gender, kemampuan akademis, dan pengalaman keuangan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Dan hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) menunjukan literasi keuangan, gender, kemampuan akademis, dan pengalaman keuangan di peroleh sebesar 25,3% dari perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Sedangkan variabel yang tidak di teliti pada penelitian ini mempengaruhi 74,7%.

Kata kunci : Literasi Keuangan, Gender, Kemampuan Akademis, Pengalaman Keuangan, Perilaku Pengelolaan Keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Melani Ningsih
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2023)
Tanggal disimpan : 01-09-2023 15:20
Terakhir diubah : 05-09-2023 11:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4415
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!