PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA

ASIMA RATNA DEWI (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil ulangan siswa. Terlihat proses pembelajaran masih pasif. Kurangnya keterlibatan siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran mengakibatkan siswa bosan dan kemampuan siswa dalam menangkap isi materi yang disampaikan oleh guru belum maksimal.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas V SD Negeri 3 Langsa. Hasil belajar yang diharapkan mencakup 3 aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor.


Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Kemmis MC Taggart. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Langsa berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Dengan instrument yang digunakan yaitu: RPP, Lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar soal, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotor siswa.


Hasil penelitian ini dapat di jelaskan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan presentasi sebagai berikut: siklus I 40% dengan rata-rata 71,31% ini belum menunjukkan adanya keberhasilan. Di siklus II adanya peningkatan yaitu ketuntasan mencapai 80% dengan rata-rata 77,85 dan telah mencapai indikator keberhasilan. Selanjutnya di siklus III kembali meningkat menjadi 86,66% dengan rata-rata 81,08.


Dari pemaparan diatas maka disarankan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mengembangkan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif yang menyenangkan bagi siswa dan bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan referensi dan perbandingan dalam penelitian.

Kata kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ASIMA RATNA DEWI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 15:30
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4369
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!