PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LINGUISTIK PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V B SD NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PUTRI NURRAHMADANI SIREGAR (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LINGUISTIK PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V B SD NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan linguistik siswa terutama kemampuan siswa dalam berbicara di SD Negeri 6 langsa, ketika guru menyuruh siswa untuk menyampaikan pendapatnya mengenai tugas yang diberikan masih banyak siswa yang malu-malu, ada juga siswa yang terbata-bata dalam menyampaikan pendapatnya, tidak percaya diri untuk menyampaikan pemikirannya sendiri dan belum jelas dan lancar dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan linguistik dengan menerapkan model pembelajaran Round Club. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Langsa dengan jumlah 15 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan instrument penilaian yang digunakan adalah RPP, Lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan Lembar observasi penilaian kemampuan berbicara. Analisis data hasil penelitian dengan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, analisis data dan interpretasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Round Club telah berhasil meningkatkan kemampuan linguistik pada kemampuan berbicara siswa. Adapun jumlah persentase ketuntasan kemampuan linguistic pada kemampuan berbicara siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan mencapai 46,66% dengan rata-rata 68,40%, selanjutnya siklus II meningkat menjadi 66.66% dengan rata-rata 74,73%, dan siklus III kembali meningkat menjadi 93,33% dengan rata-rata 92,46%. Dari pemaparan tersebut disarankan kepada guru dapat menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar salah satunya model pembelajaran Round Club, untuk siswa agar mengikuti pembelajaran dengan serius dan antusias agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami.

Kata kunci : Model Pembelajaran Round Club, Kemampuan Linguistik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : PUTRI NURRAHMADANI SIREGAR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 10:24
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4352
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!