PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MEURANDEH

LILI SAFITRI (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MEURANDEH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kondisi belajar siswa yang pasif, dan kesulitan dalam pembelajaran secara maksimal memerlukan suasa pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang perlu diterapkan adalah model Prediction Guide. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri I Meurandeh melalui model pembelajaran Prediction Guide. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri I Meurandeh dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 8 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada hasil belajar siswa menggunakan model Prediction Guide telah meningkat dan ketuntasanya sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil belajar pada kognitif kelas IV pada siklus 1 terdapat ketuntasan belajar mencapai 66,66% (8 siswa) dengan rata-rata 72,08 ini belum menunjukkan adanya keberhasilan dalam siklus. Di siklus ke II terjadi peningkatan, nilai ketuntasan mencapai 83,33% (10 siswa) dengan rata-rata 77,08 telah mencapai ketuntasan indikator keberhasilan. Selanjutnya data siklus III kembali meningkat menjadi 91,66 % (1 siswa) dengan rata-rata 89,58. Hasil belajar pada afektif kelas IV pada siklus 1 sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 83,33 %. Kemudian pada siklus ke II menjadi meningkat 91,66 % dan begitu pula dengan siklus ke III nilainya masih sama dengan siklus ke II 19,66%. Penulis menyarankan kepada penelitian selanjutnya agar dapat lebih mengembangkan penelitian pembelajaran dengan model Prediction Guide dan isu kontroversial pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Kata kunci : Model Prediction Guide, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LILI SAFITRI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 13-06-2023 11:34
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4280
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!