PENGARUH LATIHAN PADAT (MASSED PRACTICE) TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING ZIG-ZAG PADA PEMAIN BOLA BASKET CLUB POPEYE LANGSA

RIO MADE PRAMUZA (2022), PENGARUH LATIHAN PADAT (MASSED PRACTICE) TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING ZIG-ZAG PADA PEMAIN BOLA BASKET CLUB POPEYE LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam perkembangannya, olahraga telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat untuk menjaga serta meningkatkan kondisi fisik agar tetap bersemangat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari serta memiliki kemampuan untuk berprestasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan padat (massed practice) terhadap kemampuan dribbling pemain di Club Basket Popeye Langsa Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 23 responden Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa latihan padat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan dribbling dalam permainan bola basket pada club basket Popeye Langsa. Hasil tersebut dinyatakan dalam nilai thitung 1,02 dan ttabel 0,685 dan kenaikan persentase sebesar 48,18%, sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa dengan latihan padat dapat meningkatkan kemampuan dribbling pemain bola basket club Popeye Langsa. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah metode latihan yang lainnya untuk memperluas cakupan penelitian, Bagi pelatih dapat menjadi pertimbangan untuk menerapkan metode latihan padat agar pemain dapat meningkatkan kemampuan dribbling dalam permainan basket.

Kata kunci : Latihan Padat, Dribbling Bola Basket

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RIO MADE PRAMUZA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 30-05-2023 11:45
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4218
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!