KARAKTERISTIK SIFAT DAUR ULANG LAPISAN PERKERASAN ASPAL ( STUDI KASUS :JALAN ELAK LHOKSEUMAWE – KREUNG MANE KOTA LHOSEUMAWE – ACEH UTARA)

ELISA WIDIHARTI (2023), KARAKTERISTIK SIFAT DAUR ULANG LAPISAN PERKERASAN ASPAL ( STUDI KASUS :JALAN ELAK LHOKSEUMAWE – KREUNG MANE KOTA LHOSEUMAWE – ACEH UTARA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Teknologi Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) dilakukan dengan menggali atau menggaruk perkerasan jalan yang telah rusak untuk dihancurkan kembali menjadi semacam agregat. Kemudian, material ini diproses agar dapat digunakan kembali sebagai material perkerasan yang baru. Aspal modifikasi terdiri dari campuran lain yang digunakan sebagai bahan penyusun aspal. Penggunaan material tersebut membuat penggunaan aspal menjadi berkurang. Dalam penelitian ini peneliti menambahkan semen portland. upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kerusakan yang ada di Jalan Elak Lhokseumawe – Kreung Mane Kabupaten Lhokseumawe – Aceh Utara tersebut ialah dengan melakukan pelapisan ulang (overlay). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui karakteristik campuran material Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) yang ditambah dengan semen portland dengan kadar 0%, 4%, 5%, 6%, 7% dan 8% dan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) dan semen portland terhadap campuran yang dilihat melalui parameter Marshall. Hasil pengujian berat jenis agregat memenuhi syarat spesifikasi umum 2018 dan dapat digunakan sebagai material untuk campuran AC – BC sedangkan untuk hasil pengujian karakteristik campuran AC – BC dengan tambahan semen portland didapatkan nilai parameter Marshall optimum berada pada penambahan semen portland sebesar 6% dengan nilai stabilitas 2900,6 kg, flow 7,26 mm, VMA 16,702%, VIM 4,52%, VFB 78,8%, dan MQ 399,5 kN/mm.

Kata kunci : Reclaimed Asphalt Pavement (RAP), Jalan Elak, dan Marshall Test

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ELISA WIDIHARTI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 12-05-2023 22:46
Terakhir diubah : 25-05-2023 10:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4136
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!