EVALUASI BEBERAPA JENIS BAHAN HERBAL TERHADAP KEBERHASILAN MASKULINISASI IKAN GUPPY (POECILIA RETICULATA)

Abshar H Berasa (2023), EVALUASI BEBERAPA JENIS BAHAN HERBAL TERHADAP KEBERHASILAN MASKULINISASI IKAN GUPPY (POECILIA RETICULATA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan guppy (Poecilia reticulata) merupakan jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan sebagai komoditas ekspor. Ikan guppy digemari karena mudah dipelihara, dan memiliki variasi warna yang indah terutama pada ikan guppy jantan, Adanya perbedaan antara guppy jantan dan betina membuat indukan guppy jantan lebih diminati dan memiliki harga jual yang tinggi. Penelitian ini bertujun untuk Mengevaluasi beberapa jenis bahan herbal seperti cabe jawa, lada hitam, dan kulit manggis untuk memaskulinisasi ikan guppy (Poecilia reticulata)
dengan metode perendaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun perlakuan penelitian ini adalah kontrol (0mg/l), lada hitam, cabe jawa, dan kulit manggis dengan masing masing dosis 0,3mg/l. Ikan guppy yang digunakan berumur 5 hari, Larva ikan guppy di rendam selama 5 jam dan di pelihara selama 60 hari. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji Anova dan Duncan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perendaman menggunakan bahan herbal berpengaruh terhadap jantanisasi ikan dan tingkat kelangsungan hidup selama perendaman. Persentase jantan tertinggi dihasilkan pada perlakuan cabe jawa sebesar 67,43% diikuti kulit manggis sebesar 49,97% dan perlakuan lada hitam sebesar 47,60%, sedangkan terendah di tunjukkan pada perlakuan kontrol sebesar 39,17%.

Kata kunci : bahan herbal, ikan guppy, sex reversal

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Abshar H Berasa
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 14-04-2023 15:44
Terakhir diubah : 02-05-2023 17:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4083
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!