EFEKTIVITAS DOSIS EKSTRAK AKAR TUBA (PARADERRIS ELLIPTICA) TERHADAP LAJU KONSUMSI OKSIGEN IKAN MASKOKI (CARASSIUS AURATUS) PADA TRANSPORTASI SISTEM TERTUTUP

Khairul Devani (2023), EFEKTIVITAS DOSIS EKSTRAK AKAR TUBA (PARADERRIS ELLIPTICA) TERHADAP LAJU KONSUMSI OKSIGEN IKAN MASKOKI (CARASSIUS AURATUS) PADA TRANSPORTASI SISTEM TERTUTUP. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan maskoki (Carassius auratus) merupakan ikan hias air tawar yang menjadi salah satu ikan hias yang banyak dibudidayakan karena memiliki bentuk tubuh yang beragam dan memliki warna yang beragam, jadi tidak mengherankan jika permintaan ikan maskoki (Carassius auratus) terus meningkat. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pemasok dalam mempertahankan ikan adalah kelulushidupan yang rendah, diantaranya karena kualitas air yang memburuk selama pengangkutan ikan maskoki. Penurunan kualitas air umumnya disebabkan oleh tingginya kadar CO2, akumulasi amonia, ikan terlalu aktif, infeksi bakteri dan luka fisik akibat penanganan yang kasar . Hal ini terjadi karena pengiriman ikan ke daerah memerlukan waktu yang cukup lama. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, penelitian ini menggunakan RAL dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Dosis ekstrak akar tuba yang digunakan adalah P1(kontrol), P2 (0,10 ml), P3 (0,15 ml), P4 (0,20 ml). Kepadatan ikan setiap kantong plastik berjumlah 10 ekor dengan lama waktu transportasi 9 jam. Parameter yang diamati adalah lama waktu pemingsanan, tingkat kelangsungan hidup, lama waktu pulih sadar, laju konsumsi oksigen dan kualitas air. Pemberian dosis ekstrak akar tuba dengan dosis yang berbeda berpengaruh nyata (P<0,05). Nilai tingkat kelangsungan hidup tertinggi pada perlakuan P2 dengan dosis 0,10 ml dan penghematan laju konsumsi oksigen dengan dosis yang tepat yaitu pada P4 dengan dosis 0,20 ml berkisar 0,039 mg O2/menit.

Kata kunci : akar tuba, ikan maskoki, laju konsumsi oksigen, transportasi sistem tertutup.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khairul Devani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 30-03-2023 14:05
Terakhir diubah : 04-04-2023 10:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3991
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!