STUDI KUALITAS AIR PADA HABITAT IKAN SEMBILANG (PLOTOSUS CANIUS) DI ESTUARI KOTA LANGSA SEBAGAI DASAR DOMESTIKASI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN

Try Oelandari (2023), STUDI KUALITAS AIR PADA HABITAT IKAN SEMBILANG (PLOTOSUS CANIUS) DI ESTUARI KOTA LANGSA SEBAGAI DASAR DOMESTIKASI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan Sembilang (Plotosus canius) adalah salah satu ikan yang terdapat di perairan estuari yang banyak disukai oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air optimum yang terdapat pada habitat ikan sembilang di perairan estuari Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengambilan sampling terhadap kualitas air dilakukan di 3 titik stasiun penelitian dimana hasil analisis kualitas air dilakukan secara Insitu maupun uji laboratorium dan untuk sampling ikan diambil dari hasil tangkapan nelayan yang terdapat di perairan estuari Langsa. Waktu pengambilan data dilakukan pada Bulan Agustus 2021 hingga Januari 2022 yang diawali dengan pengambilan sampel akhir musim kemarau dan awal musim penghujan, sehingga diperoleh data yang bervariasi sesuai dengan kondisi musim. Hasil analisis parameter fisika-kimia (suhu, arus, kecerahan, pH, salinitas, alkalinitas, nitrit, nitrat, DO, BOD, TAN) di perairan estuari Langsa masih pada kondisi yang optimum bagi kehidupan ikan sembilang baik pada musim kemarau maupun musim penghujan. Hasil data ikan yang di amati selama penelitian yaitu pada musim penghujan ikan sembilang cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat dengan jenis kelamin yang mendominasi yaitu betina.

Kata kunci : Domestikasi, Estuari, Ikan sembilang, Kualitas Air, Kota Langsa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Try Oelandari
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 29-03-2023 17:22
Terakhir diubah : 04-04-2023 14:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3990
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!