RANCANG BANGUN TUNGKU PEMANAS LOGAM PORTABLE DENGAN MEDIA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN GAS LPG (LIQUIFIED PETROLIUM GAS) PADA LAPIS DINDING YANG BERBEDA

Tomi satria (2022), RANCANG BANGUN TUNGKU PEMANAS LOGAM PORTABLE DENGAN MEDIA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN GAS LPG (LIQUIFIED PETROLIUM GAS) PADA LAPIS DINDING YANG BERBEDA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Banyak perkembangan industri kecil pengolahan logam terhambat yang diakibatkan tungku pleburan logam sangat mahal dan sulit di peroleh karena harus di impor dari luar negeri. Tungku yang di lengkapi burner sekarang umum di gunakan di banyak indrustri pengolahan logam skala rumahan. Bahan bakar yang di gunakan biasanya bahan cair dan gas, dan bahan bakar padat seperti briket, batu bara, arang dan lain sebagainya jarang di gunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan membuat tungku pemanas portable dengan diding lapis yang berbeda serta menghitung tebal dinding untuk mendapatkan suhu yang optimal. Dimensi luas tungku berbentuk persegi dengan panjang 30 cm, tinggi 30 cm, dan lebar 20 cm. Pada luas ruang bakar dengan panjang 22 cm, tinggi 16 cm dan lebar 10 cm. Dari hasil pengujian dalam waktu 60 menit temperatur yang di hasilkan pada ruang bakar mencapai 954,3 oC dan pada dinding luar mencapai 68 oC.


 

Kata kunci : Tungku pemanas, portable, gas LPG

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tomi satria
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2022)
Tanggal disimpan : 27-03-2023 22:45
Terakhir diubah : 28-03-2023 14:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3980
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!