ANALISIS PENDAPATAN PETANI JAGUNG (ZEA MAYS L) PADA PEMANFAATAN LAHAN HIATEN PERKEBUNAN KARET (HEVEA BRASILIENSIS. MUELL. ARG) UNIT RISET SUNGEI PUTIH

Trydha Yanti Br Ginting (2023), ANALISIS PENDAPATAN PETANI JAGUNG (ZEA MAYS L) PADA PEMANFAATAN LAHAN HIATEN PERKEBUNAN KARET (HEVEA BRASILIENSIS. MUELL. ARG) UNIT RISET SUNGEI PUTIH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan petani dalam upaya pemanfaatan lahan hiaten perkebunan karet Unit Riset Sungei Putih dan untuk mengetahui keadaan untung atau rugi usahatani jagung dalam memanfaatkan lahan hiaten perkebunan karet Unit Riset Sungei Putih dilihat dari R/C Ratio dan ROI serta kontribusi pendapatan petani jagung dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Penelitian ini dilakukan di Unit Riset Sungei Putih, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang. Metode pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian berjumlah 9 orang yang merupakan petani tanaman sela karet dengan jagung. Untuk mengetahui apakah usaha tersebut untung atau rugi maka dapat digunakan dengan menganalisis usaha dengan menghitung biaya produksi, menghitung penerimaan dan menganalisis. Kemudian menghitung hasil dengan menggunakan metode R/C Ratio dan ROI serta kontribusi pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R/C Ratio sebesar 2,36 > 1 artinya jika biaya yang dikeluarkan Rp1.000 maka akan mendatangkan penerimaan sebesar Rp2.360 bagi para petani, maka dari itu usahtani jagung pada pemanfaatan lahan hiaten perkebunan karet karet Unit Riset Sungei Putih mengalami keuntungan dan nilai ROI sebesar 36,66% artinya usahatani yang dijalankan memiliki tingkat profit yang menguntungkan. Serta kontribusi pendapatan sebesar 69,39% maka dapat disimpulkan bahwa usahatani jagung pada pemanfaatan lahan hiaten perkebunan karet memberikan kontribusi baik sekali terhadap total pendapatan petani.

Kata kunci : Jagung, Petani Dan Pendapatan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Trydha Yanti Br Ginting
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 27-03-2023 18:27
Terakhir diubah : 08-05-2023 15:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3979
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!