BIO-EKOLOGI TERIPANG (HOLOTHUROIDAE) SEBAGAI DASAR BUDIDAYA DI PERAIRAN UJUNG BERANGAU DESA SUNGAI KRUK III, ACEH TAMIANG

Eka Mariana syafitri (2023), BIO-EKOLOGI TERIPANG (HOLOTHUROIDAE) SEBAGAI DASAR BUDIDAYA DI PERAIRAN UJUNG BERANGAU DESA SUNGAI KRUK III, ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Teripang atau lebih dikenal dengan sebutan ketimun laut merupakan salah satu organisme dari filum Echinodermata yang dapat ditemui diseluruh perairan pantai dari pearairan dalam hingga daerah dengan pasang surut yang dangkal untuk keberlangsungan hidupnya. Keberadaan spesies disuatu lingkungan hidup tidak terlepas dari faktor ekologi perairan yang menjadi faktor utama dalam suatu budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui potensi Teripang  ditinjau dari aspek Bio-ekologi sebagai dasar budidaya pada perairan Ujung Berangau.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021 menggunakan metode survei dengan melihat pengaruh kualitas air terhadap kepadatan Teripang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Sistematika Berlapis (Stratified Sampling Method) dan pengambilan sampel menggunakan teknik Handpicking yaitu mengambil semua sampel teripang yang ditemukan pada kuadran yang telah ditetapkan. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Berganda untuk mendapatkan dan melihat dua variabel kriterium ekologi dari teripang di setiap stasiun di Perairan Ujung Berangau.Hasil dari penelitian didapatkan kepadatan tertinggi pada stasiun 3 dengan jumlah 2,5 ind/m2 sedangkan pada stasiun 1 dan 2 berjumlah 0,5 dan 0,4 ind/m2. Hasil analisis regresi kualitas air (pH, DO, arus, suhu, salinitas dan kecerahan) tidak berpengaruh nyata.

Kata kunci : Teripang,Bio-ekologi, Kepadatan, Kualitas Air

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eka Mariana syafitri
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 24-03-2023 14:46
Terakhir diubah : 27-03-2023 10:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3973
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!