PENGARUH BEBAN KERJA, KEPUASAN KERJA, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DISPERINDAGKOP DAN UKM KOTA LANGSA

Husniati (2023), PENGARUH BEBAN KERJA, KEPUASAN KERJA, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DISPERINDAGKOP DAN UKM KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja, kepuasan kerja, pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja pegawai Disperindagkop dan UKM Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Disperindagkop dan UKM Kota Langsa yang berjumlah 33 pegawai. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sehingga seluruh PNS di Dinas tersebut dijadikan sampel. Sementara itu untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner yang sudah diuji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan pembuktian hipotesis dilakukan dengan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,067 + 0,478X1 + 0,370X2 + 0,312X3. Artinya konstanta sebesar 0,067 menunjukkan hasil dari kinerja sebelum dipengaruhi oleh variabel beban kerja, kepuasan kerja, pelatihan dan pengembangan. Nilai tsig variabel beban kerja sebesar 0,007<0,05 berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, nilai tsig kepuasan kerja sebesar 0,018<0,05 berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dan nilai tsig pelatihan dan pengembangan sebesar 0,033<0,05 berpengaruh  signifikan  terhadap kinerja pegawai. Hasil uji f diketahui fsig sebesar 0,000 <0,05 artinya variabel beban kerja, kepuasan kerja, pelatihan dan pengembangan berpengaruh secara simulltan terhadap kinerja pegawai Disperindagkop dan UKM Kota Langsa. Hasil koefisien determinasi adjusted ( r2 ) menunjukkan konstribusi variabel beban kerja, kepuasan kerja, pelatihan dan pengembangan mempengaruhi kinerja pegawai Disperindagkop dan UKM Kota Langsa sebesar 0.518 atau 51,8%, sementara sisanya 48,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti disiplin kerja, lingkungan kerja dan motivasi.

Kata kunci : Kinerja, Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Pelatihan Dan Pengembangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Husniati
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2023)
Tanggal disimpan : 17-03-2023 16:14
Terakhir diubah : 27-03-2023 12:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3940
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!