PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE GREEN PRODUCTIVITY PADA PT. BANGUN TENERA RIAU DESA PANTAI RAJA KABUPATEN KAMPAR

Fahrul Rozi Adami Nasution (2021), PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE GREEN PRODUCTIVITY PADA PT. BANGUN TENERA RIAU DESA PANTAI RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Bangun Tenera Riau adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit, yang berlokasi di Desa Pantai Raja, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Masalah yang dihadapi PT. Bangun Tenera Riau yaitu masih terdapat masalah lingkungan berupa limbah cair yang masih dapat ditingkatkan pemanfaatannya. Tujuan penelitian ini untuk melakukan perbaikan proses produksi dengan cara pemilihan alternatif solusi untuk meningkatkan dan memperbaiki nilai indeks green productivity awal sehingga produktivitas dapat meningkat dan dampak terhadap lingkungan dapat berkurang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode green productivity. Berdasarkan perhitungan enviromental performance indicator (EPI) diketahui bahwa nilai limbah cair biological oxygen demand (BOD) memiliki penyimpangan sebesar -0,63% dan nilai EPI sebesar -0,16 yang melewati standar mutu limbah berdasarkan Kep-51/MENLH/1995 sehingga diperlukan peningkatan mutu limbah melalui alternatif solusi. Alternatif solusi yang dipilih adalah reaktor biogas anaerob digunakan untuk meningkatkan mutu limbah serta produktivitas perusahaan. Hasil penelitian produktivitas total akhir diperoleh sebesar 1,31 dengan nilai awal rata-rata produktivitas di setiap bulannya adalah 1,17. Nilai produktivitas perusahaan meningkat sebesar 0,21 dengan efisiensi peningkatan mutu limbah sebesar BOD sebesar 70%, serta mengubah limbah cair menjadi biogas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kata kunci : Green Productivity, Produktivitas, Enviromental Performance Indicator (EPI), Biological Oxygen Demand (BOD)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fahrul Rozi Adami Nasution
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 08-03-2023 11:13
Terakhir diubah : 01-08-2023 10:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3894
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!