ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN LELE DI DESA TANJUNG SEUMANTOH KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG

FAUZAN ABDILLA (2021), ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN LELE DI DESA TANJUNG SEUMANTOH KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Fauzan Abdilla: “Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Lele Di Desa Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang”. Dibawah bimbingan Rozalina dan Supristiwendi. Untuk mengetahui pola saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran, share margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pada pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Lokasi penelitian di Desa Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa di desa tersebut terdapat objek yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan metode survei. Penentuan sampel menggunakan metode sensus (sampel jenuh) sebanyak 15 peternak ikan lele. Metode analisis data menggunakan metode analisis pemsaran, analisis pendapatan dan analisis R/C Rasio.
Hasil penelitian pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh hanya menggunakan 1 saluran pemasaran yaitu; Peternak menjual ikan lele ke pedagang desa (pengecer) dan pedagang desa (pengecer) menjual ikan lele ke konsumen. Rata-rata biaya pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh yaitu sebesar Rp.693,33/Kg, rata-rata margin pemasaran ikan lele sebesar Rp.5.067/Kg dan rata-rata farmer’s share pada pemasaran ikan lele sebesar 77,52%. Pemasaran ikan lele di Desa Tanjung Seumantoh menghasilkan nilai EP sebesar 3,05% dan disimpulkan pemasaran ikan lele dikatakan efisien karena nilai EP berada dibawah 5%.

Kata kunci : ikan lele, saluran, margin dan efisiensi pemasaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FAUZAN ABDILLA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 06-03-2023 10:48
Terakhir diubah : 09-03-2023 10:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3883
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!