INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI SERANGGA PADA BANGKAI KELINCI (ORICTOLAGUS CUNICULUS) BERDASARKAN PERBEDAAN CARA KEMATIAN SEBAGAI INDIKATOR KEGIATAN FORENSIK

Herkules Manik (2022), INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI SERANGGA PADA BANGKAI KELINCI (ORICTOLAGUS CUNICULUS) BERDASARKAN PERBEDAAN CARA KEMATIAN SEBAGAI INDIKATOR KEGIATAN FORENSIK . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Entomologi forensik adalah suatu metode identifikasi mayat dengan memanfaatkan keberadaan serangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serangga pada bangkai kelinci berdasarkan perbedaan cara kematian. Kronologi kehadiran dan tahap perkembangan serangga tersebut berkaitan prediksi lama kematian untuk kepentingan studi forensik. Identifikasi jenis serangga dilaksanakan di Laboratorium Dasar Universitas Samudera. Berdasarkan cara kematian dibagi menjadi tiga, yaitu ditusuk, dipukul dan diracun. Pengambilan sampel semua tahap perkembangan serangga dilakukan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan sore hari. Metode analisa data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh 15 spesies, 8 famili dari 4 ordo yaitu Diptera, Coleoptera, Hymenoptera dan Spirostreptida pada bangkai kelinci dan diperoleh 4 spesies, 2 famili dari 2 ordo yaitu Hymenoptera dan Orthoptera dari pitfall trap. Perbedaan perkembangan serangga dari telur, larva, pupa dan bekas pupa yang ditemukan pada bangkai dapat digunakan untuk memprediksi lama kematian.

Kata kunci : Entomologi Forensik, Serangga, Bangkai

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Herkules Manik
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 26-02-2023 22:40
Terakhir diubah : 13-03-2023 16:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3833
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!