FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Nur Ainun (2023), FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TAMIANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Daerah dengan Pendapatan Asli Daerah sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang). Populasi penelitian ini adalah berupa Belanja Daerah, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2014-2021 di Kabupaten Aceh Tamiang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Sampel Jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah berupa laporan realisasi mengenai Belanja Daerah, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2014 sampai 2021 di Kabupaten Aceh Tamiang, sehingga jumlah pengamatan sebesar 8 tahun. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupah data realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang sudah di dokumentasikan dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Tamiang dan situs Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Dana Alokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah di Kabupaten Aceh Tamiang. Sedangkan variabel dana alokasi khusus tidak signifikan terhadap belanja daerah di Kabupaten Aceh Tamiang. Pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Secara parsial pendapatan asli daerah tidak dapat memoderasi hubungan dana alokasi umum pada belanja daerah di kabupaten Aceh Tamiang. Secara parsial pendapatan asli daerah tidak dapat memoderasi hubungan dana alokasi khusus terhadap belanja daerah di kabupaten Aceh Tamiang. Terakhir dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan pendapatan asli daerah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kata kunci : Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nur Ainun
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 23-02-2023 12:31
Terakhir diubah : 16-05-2023 10:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3823
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!