VIRTUAL MOUSE BERBASIS LEAP MOTION MENGGUNAKAN SPATIAL FUZZY MATCHING (SFM)

Putri Erfany (2023), VIRTUAL MOUSE BERBASIS LEAP MOTION MENGGUNAKAN SPATIAL FUZZY MATCHING (SFM). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Saat ini pendekatan interaksi antara manusia dan komputer hanya memakai keyboard, mouse, dan pena. Sedangkan hal itu terasa tidak cukup dikarenakan perangkat ini memiliki keterbatasan. Penggunaan leap moiton yang merupakan perangkat teknologi hand tracking secara langsung sebagai perangkat masukan adalah metode yang menarik untuk menyediakan Interaksi manusia dan komputer secara alami yang telah berkembang dari antarmuka melalui 2D antarmuka berbasis grafis, yang didukung multimedia, hingga sepenuhnya sistem Virtual Environment (VE) multi-peserta yang matang. Berdasarkan penjelasan diatas teknologi hand tracking dengan menggunakan leap motion dapat digunakan sebagai solusi teknologi untuk menggantikan mouse sebagai input device. Maka  dilakukan penelitian tentang pengenalan pelacakan jari tangan atau biasa disebut dengan hand tracking sebagai virtual mouse yang diproyeksikan dengan tangan manusia menggunkan metode Spatial Fuzzy Matching (SFM) dan leap motion yang nantinya akan mengidentifikasi jari tangan dengan hasil akurasi berdasarkan fungsional 59%, berdasarkan jarak 79%.

Kata kunci : Leap Motion, Spatial fuzzy Matching(SFM),Virutal Mouse

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Erfany
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2023)
Tanggal disimpan : 22-02-2023 10:48
Terakhir diubah : 03-05-2023 11:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3816
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!