IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 LANGSA

Risca Fratiwi (2023), IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Melalui penerapan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) di SMP Negeri 3 Langsa. Adapun jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini yaitu One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Langsa yang terdiri dari sebelas kelas yaitu kelas VII-1 sampai dengan VII-11 yang berjumlah 365 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII-3 sebanyak 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Berdasarkan lembar observasi pendekatan pembelajaran RMT dilaksanakan secara baik dengan skor rata-rata  92,59%. Maka dengan perolehan skor tersebut dapat dikatakan bahwa peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran RMT dengan sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai probabilitas untuk kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan One Sample Paired T-Test adalah 0,0041 (P-value < 0,05), hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian, diperoleh nilai probabilitas untuk kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan One Sample Paired T-Test adalah 0,0062 (P-value < 0,05), hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Langsa setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran RMT. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran RMT dapat diterapkan guru dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik.


 


 

Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Risca Fratiwi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 17-02-2023 11:41
Terakhir diubah : 13-03-2023 16:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3802
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!