PENGGUNAAN GLUTAMIN PADA PAKAN KOMERSIL UNTUK PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LOBSTER AIR TAWAR (HERAX QUADRICARINATUS)

Nurvanni (2023), PENGGUNAAN GLUTAMIN PADA PAKAN KOMERSIL UNTUK PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LOBSTER AIR TAWAR (HERAX QUADRICARINATUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu organisme akuatik endemik perairan darat Australia bagian utara sampai ke daratan Papua Indonesia. Saat ini permintaan lobster air tawar sangat tinggi baik untuk konsumsi maupun estetik akuarium. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut maka lobster air tawar sudah dilakukan budidaya secara  instensif. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup lobster air tawar dengan menggunakan suplemen glutami kedalam pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 februari-29 maret 2022 di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak, Takengon, Aceh Tengah. Penelitian yang dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu perbedaan penggunaan dosis glutamin yang memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, panjang mutlak, persentase pertumbuhan berat, laju pertumbuhan harian, dan kelangsungan hidup Lobster Air Tawar (C. quadricarinatus). Penggunaan glutamin pada pakan komersil ini menunjukkan bahwa hasil terbaik pada dosis glutamin untuk pertumbuhan Lobster Air Tawar (C.quadricarinatus) terdapat pada perlakuan PG2 dengan dosis 2 ml dan paling rendah pada perlakuan kontrol. Penelitian ini merekomendasikan  penggunaan glutamin dalam pakan komersil untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup lobster air tawar (C. quadricarinatus).

Kata kunci : Glutamin, Lobster Air Tawar , Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurvanni
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 14-02-2023 20:37
Terakhir diubah : 27-03-2023 14:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3790
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!