IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 LANGSA

Sri Utami Widyastuti (2023), IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah matematik merupakan inti pembelajaran yang merupakan kemampuan dasar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan akan sejalan dengan karakteristik matematika adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Langsa setelah mengalami pembelajaran matematika dengan implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan lectora inspire pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Langsa tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik yaitu 63 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sehingga di dapat sampel dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas VII-2 dengan jumlah 30 peserta didik. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk uraian. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 dan df = 29 diperoleh = 2,045 dan = 19,42 sehingga thit >  ttab (19,42 > 2,045), maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik kelas VII-2 di SMP Negeri 6 Langsa setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Lectora Inspire. 

Kata kunci : PMRI, Lectora Inspire, Pemecahan Masalah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Utami Widyastuti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 13-02-2023 15:45
Terakhir diubah : 16-03-2023 14:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3774
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!