ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR. 16 TENTANG ASET TETAP PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA I (PERSERO) LANGSA

Inge Tasya Lonita (2023), ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR. 16 TENTANG ASET TETAP PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA I (PERSERO) LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi aset yang sesuai dengan PSAK No.16, dengan kesesuaian akuntansi aset tetap pada PT. Perkebunan Nusantara I (PERSERO) Langsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dan metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode studi kepustakan, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan perlakuan akuntansi aset tetap PT. Perkebunan Nusantara I (PERSERO) Langsa berbeda dengan PSAK No.16. perbedaan tersebut mengenai: pengelompokan tanaman belum menghasilkan (TBM) kedalam aset tetap mengakibatkan nilai aset tetap tidak wajar pada PT. Perkebunan Nusantara I (PERSERO) Langsa. Selain itu Yang menyebabkan laporan keuangan kurang dapat diadalkan dan relevan.

Kata kunci : Aset Tetap, PSAK No.16

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Inge Tasya Lonita
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 09-02-2023 07:21
Terakhir diubah : 21-02-2023 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3757
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!