PENERAPAN MODEL P2RE (PERSIAPAN, PERORGANISASIAN, REFLEKSI DAN EVALUASI) DALAM MENULIS TEKS PERSUASI DI SMP NEGERI 5 KOTA LANGSA

Rahmathia Annisa (2022), PENERAPAN MODEL P2RE (PERSIAPAN, PERORGANISASIAN, REFLEKSI DAN EVALUASI) DALAM MENULIS TEKS PERSUASI DI SMP NEGERI 5 KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini yang berjudul ”Penerapan Model P2RE (Persiapan, Perorganisasian, Refleksi dan Evaluasi) Dalam Menulis Teks Persuasi di SMP Negeri 5 Kota Langsa” membahas masalah tentang apakah dan bagaimana Penerapan Model P2RE dalam Menulis Teks Persuasi dapat meningkatkan kemampuan siswa SMP Negeri 5 Kota Langsa? Adapun tujuan dari penelitianini adalah untuk menggambarkan penerapan Model P2RE dalam menulis teks persuasi di SMP Negeri 5 Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Langsa yang berada di Gampong Teungoh, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Provinsi Aceh, Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Langsa yang berjumlah 102 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Penilaian yang peneliti gunakan pada data penelitian mencakup 4 aspek, yaitu (1) Pengenalan Isu, (2) Rangkaian Argumentasi, (3) Pernyataan Ajakan, dan (4) Penegasan Kembali. Adapun nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Langsa dalam menulis teks persuasi dengan memperhatikan struktur penulisan teks persuasi adalah 73. Nilai tersebut sudah termasuk dalam kategori baik.

Kata kunci : Menulis, P2RE (Persiapan, Perorganisasian, Refleksi dan Evaluasi), Teks Persuasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmathia Annisa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia (2022)
Tanggal disimpan : 13-01-2023 16:41
Terakhir diubah : 25-01-2023 09:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3661
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!