ANALISIS BAHASA TABU PADA LINGKUNGAN MASYARAKAT MELAYU TAMIANG DI DESA TANGSI LAMA KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG

Surika Rahayu (2023), ANALISIS BAHASA TABU PADA LINGKUNGAN MASYARAKAT MELAYU TAMIANG DI DESA TANGSI LAMA KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang bahasa tabu pada Analisis Bahasa Tabu pada Lingkungan Masyarakat Melayu Tamiang Di Desa Tangsi Lama Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Rumusan masalah dari penelitian ini membahas tentang Bahasa Tabu atau bentuk dan makna kata pada tuturan Masyarakat Tangsi Lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna dan bentuk bahasa tabu yang terdapat pada tuturan lingkungan Masyarakat Melayu Tamiang di Desa Tangsi Lama Kecamatan Seruway Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam catat, dan teknik dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil rekam kemudian dilanjutkan dengan proses pencatatan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan data keseluruan yang diperoleh berjumlah 29 data. Data tersebut terbagi pada 2 jenis yaitu sumpah serapah dan makian. Data tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut : Sumpah Serapah ada 28 data yang ternasuk kedalam kelompok tersebut yang terbagi dengan pembagian keadaan ada 9 data, binatang terdiri dari 4 data, makhluk halus terdiri dari 2 data, benda-benda terdiri dari 2 data, bagian tubuh terdiri dari 9 data yang termasuk juga kedalam jenis bahasa tabu kutukan dan kecarutan, kekerabatan terdiri dari 1 data, akitivitas terdiri dari 1 data, lalu bagian makian terdapat 1 data yaitu makian berbentuk klausa untuk makian berbentuk kata masuk data sumpah serapah bintang yaitu anjan-anjan, makian berbentuk frasa masuk data sumpah serapah binatang keadaan dan makhluk halus. Data bahasa tabu yang tidak ditemukan ada beberapa jenis yaitu profesi,sumpahan,dan lontaran.

Kata kunci : Bahasa Tabu, Melayu Tamiang, Tangsi Lama

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Surika Rahayu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia (2023)
Tanggal disimpan : 10-01-2023 13:01
Terakhir diubah : 26-01-2023 09:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3630
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!