STUDI PERENCANAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN TUALANG NIAT- GUNUNG PANDAN KEC. TENGGULUN KAB. ACEH TAMIANG

Rani Fatima sari (2023), STUDI PERENCANAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN TUALANG NIAT- GUNUNG PANDAN KEC. TENGGULUN KAB. ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jalan adalah suatu pendukung infrastruktur pada sebuah daerah dimana dapat berfungsi sebagai sarana untuk pengembangan potensi – potensi yang ada serta juga dapat berfungsi untuk memperlancar perpindahan orang dan pendistribusian barang dari desa ke kota maupun sebaliknya. Bagaimana merencanakan geometrik jalan yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan pada ruas Jalan Tualang Niat - Gunung Pandan Kec. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang dengan menggunakan Metode Bina Marga. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk merencanakan geometrik jalan Tualang Niat – Gunung Pandan Kec. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang. Untuk menghitung Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) pada ruas jalan Tualang Niat – Gunung Pandan Kec. Tenggulun Kab. Aceh Tamiang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data sekunder peta jalan serta hasil pengukuran primer menunjukan nilai jari-jari tikungan di Jalan tersebut memiliki radius sebesar 239 m. Hal ini menunjukan bahwa tikungan tersebut masih aman bagi seluruh pengendara yang melaju dengan kecepatan kendaraan kurang atau sama dengan 60 km/jam. Ruas Tualang Niat – Gunung Pandan STA 0+000 – 2+000 memiliki total 6 tikungan dengan rincian sebagai berikut, tikungan SS : 3 tikungan dan Tikungan FC : 3 tikungan.

Kata kunci : Alinyemen, Jalan, LHR, Bina Marga, Tikungan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rani Fatima sari
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 09-01-2023 19:42
Terakhir diubah : 04-04-2023 09:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3626
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!