KENDALA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN ONLINE DI SD NEGERI 1 MEURANDEH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tiwi anggriana (2022), KENDALA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN ONLINE DI SD NEGERI 1 MEURANDEH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan kegiatan seseorang atau sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian untuk memberikan pengetahuan maupun keterampilan yang didapatkan bisa melalui orang lain maupun terjadi secara otodidak.


Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengelola pembelajaran online di SD Negeri 1 Meurandeh.


Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik dari Sugiyono yang mana analisis data menggunakan a). Analisis Sebelum di Lapangan (Tahap Pra Lapangan), b). Analisis Data di Lapangan Model Miles and Huberman.


Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang problematika pembelajaran online pada siswa SD Negeri 1 Meurandeh  maka terdapat beberapa hal yang menjadi garis besar sebagai kesimpulan sebagai berikut: 1. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran online di SD Negeri 1 Meurandeh adalah sebagai berikut: a) Masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, b) Permasalahan orang tua yang tidak memiliki Smart Phone, c) Kurangnya kerjasama orang tua dengan siswa. 2 Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran online di SD Negeri 1 Meurandeh: a) Guru dan pihak sekolah telah mencari solusi agar anak didik memiliki pemahaman  yang  sama  yaitu  dengan  cara  guru  tetap  memperhatikan perbedaan  yang ada dalam murid-muridnya dengan cara memotivasi agar tetap belajar dalam kondisi  apapun antara lain: pertama, guru memberikan pendampingan pada anak didik baik secara berkelompok atau individual.  Memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual. b) Kepala sekolah di SD Negeri 1 Meurandeh maupun guru memberikan solusi terkait orang tua yang tidak memiliki android, yaitu dengan cara apabila ada orang tua atau siswa yang tidak masuk group WhatsApp guru memberikan informasi terkait penugasan dengan mendatangi rumah siswa  dan pihak siswa bisa datang langsung dan bertanya kepada guru dengan datang ke sekolah karena guru di SD Negeri 1 Meurandeh berada di sekolah  setiap hari selama hari kerja. c) Di SD Negeri 1 Meurandeh mempunyai solusi sendiri untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara memberikan motivasi dan pemahaman kepada orang tua agar tetap mendampingi putra-putrinya belajar di rumah karena pengendalian dan pengawasan orang tua sangat penting pada saat pembelajaran online seperti ini.


Adapun saran dalam penelitian ini,  Kurangnya kerjasama orang tua dengan siswa. Adapun solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajran online di SD Negeri 1 Meurandeh adalah a). guru dan pihak sekolah telah mencari solusi agar anak didik memiliki pemahaman yang sama yaitu dengan cara guru tetap memperhatikan perbedaan yang ada dalam murid-muridnya dengan cara memotivasi agar terus tetap belajar dalam kondisi apapun antara lain: pertama, guru memberikan pendampingan pada anak didik baik secara berkelompok atau individual.  Memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual. b).  Kepala sekolah di SD Negeri 1 Meurandeh maupun guru memberikan solusi terkait orang tua yang tidak memiliki android, yaitu dengan cara apabila ada orang tua atau siswa yang tidak masuk group WhatsApp guru memberikan informasi terkait penugasan dengan mendatangi rumah siswa  dan pihak siswa bisa datang langsung dan bertanya kepada guru dengan datang ke sekolah karena guru di SD Negeri 1 Meurandeh berada di sekolah  setiap hari selama hari kerja. c). Di SD Negeri 1 Meurandeh mempunyai solusi sendiri untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara memberikan motivasi dan pemahaman kepada orang tua agar tetap mendampingi putra-putrinya belajar di rumah karena pengendalian dan pengawasan orang tua sangat penting pada saat pembelajaran online seperti ini.


 

Kata kunci : Pembelajaran Online, Smart Phone, WhatsApp

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tiwi anggriana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 09-01-2023 12:49
Terakhir diubah : 12-01-2023 10:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3623
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!