PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS KARAKTER MANDIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 5 LANGSA

Nurfauzzyah (2023), PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS KARAKTER MANDIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa dapat aktif dalam setiap pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis karakter mandiri. Dengan pendekatan ini siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan disajikan dalam masalah yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis karakter mandiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Langsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Langsa sebanyak 99 siswa. Adapun Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-2 sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan tes tertulis dan lembar observasi. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel masing-masing sebesar 17,85 dan 2,045. Dengan demikian thitung > ttabel sehingga Ho ditolak, terdapat pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis karakter mandiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Langsa. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh Y = 51.46 + 0.322 X. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis karakter mandiri untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


 


 

Kata kunci : Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Karakter Mandiri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurfauzzyah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 06-01-2023 16:13
Terakhir diubah : 02-02-2023 10:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3612
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!