PENGARUH VARIASI LATIHAN KONSENTRASI TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI PADA CABANG OLAHRAGA CATUR DI SDN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH TAMIANG TA 2021

RAHMAD RIZEKI (2022), PENGARUH VARIASI LATIHAN KONSENTRASI TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI PADA CABANG OLAHRAGA CATUR DI SDN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH TAMIANG TA 2021. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memperlukan usaha yang cukup besar, salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang baik yakni dengan menanamkan konsentrasi siswa melalui olahrga catur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentasi terhadap peningkatan olahraga catur siswa SDN Pahlawan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Pahlawan, menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian diketahui adanya peningkatan kemampuan konsentrasi sebanyak 4,48 atau 15,89%, yang mana kemampuan awal sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori sedang. Setelah diberikan perlakuan latihan konsentrasi kualitas daya pikir catur mengalami peningkatan naik pada kategori baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara konsentrasi dengan olahraga catur siswa SDN Pahlawan Kabupaten Aceh Tamiang. Secara umum kontribusi pengaruh permainan konsentrasi terhadap catur siswa sebesar 15,89%. Hal ini ditujukan dari hasil uji t dengan nilai t hitung 19,077 > t tabel 2,056 (signifikan). Saran bagi peneliti yang akan datang diharapkan mengkaji aspek-aspek variabel lain dalam mengembangkan program latihan untuk siswa dalam berbagai tingkat satuan pendidikan.

Kata kunci : variasi Latihan, Catur, Konsentrasi, Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RAHMAD RIZEKI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 03-01-2023 16:21
Terakhir diubah : 10-01-2023 10:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3587
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!