EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEPUNG UDANG REBON (ACETES INDICUS) UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN PADA BENIH IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO)

T.Dwi Indira (2023), EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEPUNG UDANG REBON (ACETES INDICUS) UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN PADA BENIH IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan bernilai ekonomis, karena telah menjadi sumber mata pencarian masyarakat pada daerah tertentu. Keunggulan ikan mas salah satunya harga ikan mas tidak terlalu mahal, artinya dapat terjangkau oleh semua golongan . Kegiatan budidaya tidak terlepas dari resiko biologis terutama pengelolaan pakan yang kurang efektif. Dalam upaya mengurangi biaya pakan buatan, maka diperlukan penambahan tepung udang rebon kedalam komposisi pakan pellet komersil. Tepung udang rebon merupakan salah satu bahan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan dikarenakan adanya kandungan protein yang cukup tinggi. Penggunaan tepung udang rebon juga menjadi faktor yang dapat memacu pertumbuhan ikan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Menguji penggunaan pakan komersil dengan penambahan tepung udang rebon (Acetes indicus) untuk pertumbuhan benih Ikan mas (Cyprinus carpio) dan untuk Mengetahui dosis penggunaan tepung udang rebon (Acetes indicus) yang tepat.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 tiga ulangan. Adapun perlakuan yang akan dilakukan adalah: PKR0 (kontrol) PKR1(100 g/1 kg pelet), PKR2 (250 g/  1 kg pellet) dan PKR3 (500 g/ 1 kg pelet). Parameter yang diamati: Pertumbuhan Panjang Mutlak, Pertumbuhan Berat Mutlak, Survial rate (SR), Konversi Pakan dan Laju Pertumbuhan Harian.


Hasil penelitian yaitu Pemberian pakan pelet komersil, pada penambahan tepung udang rebon yang berbeda di pemberian pakan benih ikan mas berpengaruh nyata terhadap Pertumbuhan Berat Mutlak, Pertumbuhan Panjang Mutlak, SR, FCR  dan Laju Pertumbuhan Harian pada benih ikan mas dan Penambahan tepung udang rebon  yang  terbaik terhadap pertumbuhan benih ikan mas terdapat pada perlakuan PKR3 yaitu 500 g tepung udang rebon/1 kg pakan pellet komersil.


 

Kata kunci : ikan mas (Cyprinus carpio),  pellet komersil dan tepung udang rebon

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : T.Dwi Indira
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 03-01-2023 10:32
Terakhir diubah : 03-01-2023 19:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3577
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!