ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI DI DALAM PEBELAJARAN DARING PADA MASA COVID 19 SD NEGERI I LANGSA

Aisa fitri (2022), ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI DI DALAM PEBELAJARAN DARING PADA MASA COVID 19 SD NEGERI I LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Latar  belakang masalah  evaluasi  pembelajaran  memiliki  fungsi yang sangat penting dalam kurikulum dan proses pembelajaran dan untuk mengetahui sejauh    mana    kemajuan, perkembangan,  serta    keberhasilan siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran dalam jangka waktu yang ditetapkan. Dengan melakukan evaluasi, guru dapat memberikan unpan balik (feed back) yang sesuai dengan siswa.  Sehingga  dari pada itu peneliti  tertarik  melakukan penelitian tentang “Analisis Pelaksanaan Evaluasi di Dalam Pebelajaran Daring Pada Masa Covid 19 SD Negeri I Langsa


Tujuan penelitian  ini adalah  untuk mengetahui  bagaimana  pelaksanaan evaluasi yang dilakukan guru di dalam pembelajaran daring pada masa covid-19.


Metode penelitian  ini  menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Langsa dengan subjek   berupa   1  guru  kelas,   sedangkan   objek  dalam   penelitian  ini  adalah Pelaksanaan evalauasi di dalam pembelajaran daring pada masa Covid-19 di SD Negeri   1  Langsa.  Teknik   pengumpulan   data   dalam   penelitian  ini  berupa, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri 1 Langsa   Kelas IV-b telah melakukan pelaksanaan  evaluasi  pada  sikap religius,  sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan dengan cukup baik. Yaitu seperti berdoa sebelum memulai   pembelajaran,   beribadah sesuai   ajaran agamanya, mandiri dalam mengerjakan tugas, menaati peraturan sekolah, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas,     memahami     materi, menjelaskan materi,     mempraktekkan     tugas, menyelesaikan tugas, membuat tugas.


Saran  yang  diberikan dalam  penelitian  ini bagi guru yaitu  agar  dapat meningkatkan  lagi  pemahaman, kemampuan dan kemauan  dalam  melakukan evaluasi.  Dan  bagi  peneliti  selanjutnya  agar  dapat  mengembangkan  penelitian yang   relevan   ke  dalam  cakupan   yang   lebih  menyeluruh   terkait   dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.


 


 

Kata kunci : Pelaksanaan evaluasi, pembelajaran daring, covid 19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Aisa fitri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 02-01-2023 17:51
Terakhir diubah : 12-01-2023 11:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3555
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!