Pencarian
ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI DI DALAM PEBELAJARAN DARING PADA MASA COVID 19 SD NEGERI I LANGSA
Aisa fitri (2022),
ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI DI DALAM PEBELAJARAN DARING PADA MASA COVID 19 SD NEGERI I LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Latar belakang masalah evaluasi pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting dalam kurikulum dan proses pembelajaran dan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan, perkembangan, serta keberhasilan siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran dalam jangka waktu yang ditetapkan. Dengan melakukan evaluasi, guru dapat memberikan unpan balik (feed back) yang sesuai dengan siswa. Sehingga dari pada itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Analisis Pelaksanaan Evaluasi di Dalam Pebelajaran Daring Pada Masa Covid 19 SD Negeri I Langsa
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi yang dilakukan guru di dalam pembelajaran daring pada masa covid-19.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Langsa dengan subjek berupa 1 guru kelas, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan evalauasi di dalam pembelajaran daring pada masa Covid-19 di SD Negeri 1 Langsa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri 1 Langsa Kelas IV-b telah melakukan pelaksanaan evaluasi pada sikap religius, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan dengan cukup baik. Yaitu seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, beribadah sesuai ajaran agamanya, mandiri dalam mengerjakan tugas, menaati peraturan sekolah, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, memahami materi, menjelaskan materi, mempraktekkan tugas, menyelesaikan tugas, membuat tugas.
Saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi guru yaitu agar dapat meningkatkan lagi pemahaman, kemampuan dan kemauan dalam melakukan evaluasi. Dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian yang relevan ke dalam cakupan yang lebih menyeluruh terkait dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
Kata kunci : Pelaksanaan evaluasi, pembelajaran daring, covid 19
File ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Aisa fitri |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : PGSD (2022) |
Tanggal disimpan | : 02-01-2023 17:51 |
Terakhir diubah | : 12-01-2023 11:03 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2022 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3555 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |