EFEKTIVITAS SANKSI PIDANA PERDA NO 5 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN DAIRI

RICHAT SAHAT TAMBA (2023), EFEKTIVITAS SANKSI PIDANA PERDA NO 5 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN DAIRI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Efektivitas peraturan daerah tentang pengelolaan sampah memiliki sanksi pidana yang diatur dalam Perda No 5 Tahun 2014 dalam pasal 60 dan 61 .karena dampak yang ditimbulkan dari tata cara pengelolaan sampah sangat berpengaruh signifikan karena masih banyaknya masyarakat yang tidak mengelola sampah dengan baik dan dapat dilihat dilapangan masih banyak sampah yang tertimbun yang disebabkan banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.
Terkait dengan itu, tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaturan hukum terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Dairi,Untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Dairi,Untuk menge-tahui hambatan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Dairi.
Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris yaitu penelitian yang menggunakan data lapangan sebagai sumber data primer ( utama ) dan data skunder se-bagai data pelengkap ( Field research and Library research ) wawancara lapangan dengan responded an informen. Selain itu studi pustaka juga digunakan, pendekatan yuridis mem-bahas permasalahan yang menggunakan bahan-bahan hukum .Pendekatan yurudis digunakan data primer yang diproleh dari data lapangan.
Pengaturan hukum terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Dairi diatur dida-lam Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah hadirnya peraturan ini adalah jawaban bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah dalam pasal 61 menyatakan Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 dan pasal 48 dipidana dengan kurungan paling lama 3 ( bulan) dan/atau pidana denda paling banyak Rp.50.000.000,00 ( lima puluh juta ) dan terkait dengan pengelolaan sampah pemerintah daerah berperan memfasilitasi, mengembangkan, dan melaksanakan pengurangan, pe-nanganan, dan pemanfaatan sampah, menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan memfasilitasi masyarakat. pemerintah daerah memiliki peran yang sangat signifikan agar pengelolaan sampah didaerah menjadi lebih opimal seperti halnya dalam pengadaan fasilitas kebersihan dan yang paling penting memberikan arahan kepada masyarakat melalui sosialisasi ke daerah daerah baik yang dekat dengan pusat kota maupun yang jauh . Hambatan dalam pengelolaan sampah Di Kabupaten Dairi yaitu Kapasitas pelayanan terbatas,Prioritas pendanaan sangat rendah dan tidak sebanding dengan kebutuhan pelayanan,Kapasitas kelembagaan belum memadai,Kinerja operasional pelayanan belum memenuhi standar pelayanan minimal namun disamping itu pemerintah daerah tetap berupaya mengoptimalkan pengelolaan sampah ini melalui so-sialisasi ke desa desa yang memang jauh dari pusat kota dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya pengelolaan sampah keseriusan ini di buktikan dari pem-bangunan TPA baru yang lebih memadai,luas agar dapat menampung jumlah sampah dari desa-desa yang ada di Kabupaten Dairi.
Disarankan kepada pemerintah daerah agar lebih efektiv lagi dalam menangani pengelolaan sampah yang ada di desa-desa baik yang dekat atau pun yang jauh dari pusat kota,kepada pemerintah daerah agar lebih giat lagi dalam melakukan sosialisasi-sosial-isasi ke desa-desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya pengelolaan sampah itu,kepada pemerintah daerah agar lebih memfasilitasi masyarakat dalam pengelolaan sampah

Kata kunci : Efektivitas perda ,pengelolaan sampah,Kabupaten Dairi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RICHAT SAHAT TAMBA
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2023)
Tanggal disimpan : 08-12-2022 11:30
Terakhir diubah : 02-01-2023 17:46
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3530
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!