PENGARUH BERBAGAI JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEMBANG KOL (BRASSICA OLERACEA VAR. BOTRYTIS L) VARIETAS PM 126 FI.

Asna Dewi Hasibuan (2023), PENGARUH BERBAGAI JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEMBANG KOL (BRASSICA OLERACEA VAR. BOTRYTIS L) VARIETAS PM 126 FI.. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Asna Dewi Hasibuan “Pengaruh Berbagai Jenis Mulsa Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kembang Kol (Brassica Oleracea Var. Botrytis L) Varietas PM 126 F1” dibawah bimbingan bapak Ir. Syukri M. P sebagai Pembimbing Utama dan bapak Boy Riza Juanda, S.P., M.P. sebagai Pembimbing Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai jenis mulsa terhadap pertumbuhan dan hasil kembang kol varietas PM 126 F1. Untuk mengetahui tingkat efektivitas berbagai mulsa dibandingkan MPHP terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kembang kol varietas PM 126 F1. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa Provinsi Aceh dengan ketinggian tempat ± 10 mdpl. Penelitian ini telah dilakukan mulai bulan Januari sampai Maret 2022.
Penelitian ini disusun dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) non faktorial. Faktor yang diamati adalah beberapa jenis mulsa yaitu terdiri 13 mulsa dengan 1 varietas kembang kol PM 126 F1 yang diulang sebanyak 3 kali.
Parameter yang di amati antara lain tinggi tanaman, jumlah daun, bobot brangkasan tanaman, diameter bunga, bobot bunga tanaman dan produksi per hektar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis mulsa berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman 20 HST, jumlah daun umur 20 HST dan bobot brangkasan basah tanaman pada saat panen. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter diameter bunga dan bobot bunga tanaman dan produksi per hektar pada saat panen. Hasil terbaik diperoleh oleh perlakuan M6 (tandan ii kosong kelapa sawit), M1 (MPHP), namun sama baiknya dengan M10 (pecahan batu bata) dan M11 (kain bekas). Untuk membudidayakan tanaman kembang kol disarankan menggunakan mulsa tandan kosong kelapa sawit, MPHP, pecahan batu bata atau kain bekas.

Kata kunci : cauliflower, types of mulch, varieties

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Asna Dewi Hasibuan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2023)
Tanggal disimpan : 07-12-2022 09:53
Terakhir diubah : 12-01-2023 10:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3521
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!