PENGARUH MACROMEDIA FLASH BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG

Rima melati (2023), PENGARUH MACROMEDIA FLASH BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan, tetapi pada fakta-fakta di lapangan terdapat siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis masih sangat rendah dikarenakan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan cara tatap muka menggunakan media macromedia flash berbasis teori van hiele.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran macromedia flash berbasis teori van hiele terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang kelas IX B SMP Negeri 3 Kutacane.


Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dua kelas. Sampel penelitian di kelas IX B yang berjumlah 20 dan IX C yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan post-test kemampuan komunikasi matematis siswa.


Berdasarkan uji hipotesis thitung diperoleh nilai = -2,024 < thitng = 2,471 <  2,024 disimpulkan H0 ditolak dan H1  diterima artinya terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan Macromedia Flash berbasis teori Van Hiele.


Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran macromedia flash berbasis teori van hiele untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi bangun ruang, serta untuk peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.


 


 


 

Kata kunci : Media Pembelajaran Macromedia Flash, Teori Van Hiele, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rima melati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 06-12-2022 11:36
Terakhir diubah : 02-01-2023 16:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3514
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!