ANALISIS PENGGUNAAN DAN EFEKTIVITAS APLIKASI SIGUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BINJAI

Wika Barokah (2023), ANALISIS PENGGUNAAN DAN EFEKTIVITAS APLIKASI SIGUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BINJAI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata dan aktual terkait penggunaan aplikasi SIGUM didalam proses kegiatan pembelajaran daring pada pelajaran geografi kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Binjai, serta mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi SIGUM dengan membandingan perolehan nilai hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan aplikasi SIGUM. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif fenomenologi. Hasil dari penelitian ini memperoleh bahwa Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga aktivitas dapat dilakukan mulai dari tersedianya fitur absensi, pemberian materi pada guru, quis, dan tugas harian,  penggunaan aplikasi SIGUM diawali dengan peran operator sebagai pengguna untuk membuat kursus-kursus unit kategori untuk peserta didik dan guru sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran, Penggunaan pada guru dilakukan dengan mempersiapakan bahan ajar terlebih dahulu kemudian melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur pada aplikasi SIGUM. Penggunaan pada peserta didik berupa respon berupa tanya jawab, mengerjakan instruksi tugas yang diberi guru maupun diskusi kelompok.. Pada perolehan hasil belajar peserta didik, berdasarkan kriteria keberhasilan pembelajaran melalui perolehan hasil belajar peserta didik memperoleh hasil tuntas dengan KKM yang ditentukan sekolah, serta mengalami peningkatan secara klasikal. Namun, mengingat kendala yang dialami peserta didik, seperti misalnya jaringan internet yang tidak stabil, kondisi sosial dan ekonomi peserta didik sehingga ketersediaan kuota internet yang menjadi alasan utama kendala yang dialami peserta didik selama pembelajaran daring sehingga pembelajaran masih kurang interaktif. Hal tersebut membuat guru menyesuaikan keadaan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Dengan kondisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi SIGUM dalam kegiatan pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Binjai tersebut masih kurang efektif. 


 


 

Kata kunci : Aplikasi SIGUM, Penggunaan, Efektivitas pembelajaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wika Barokah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 05-12-2022 15:25
Terakhir diubah : 09-12-2022 07:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3504
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!