PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 MEURANDEH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rizka padilah (2023), PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 MEURANDEH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini melatarbelakagi oleh rendahnya hasil ulangan siswa. Terlihat proses pembelajaran masih pasif. Kurangnya keterlibatan siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran mengakibatkan siswa bosan dan kemampuan siswa dalam menangkap isi materi yang disampaikan oleh guru tidak maksimal.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Poster Session dikelas V SD Negeri 1 Meurandeh. Hasil belajar yang diharapkan mencakup 3 aspek yaitu: kogtitif, afektif, psikomotorik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas mengacu pada model Suharsimi Arikunto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Meurandeh yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan instrument yang mengunakan RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar soal, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotorik siswa kisi- kisi penilaian hasil belajar.


Hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan perolehan nilai dari siklusI,II dan III. Pada hasil kognitif siswa disiklus I memperoleh ketuntasan mencapai 28,57% dengan rata-rata 63,33 ini belum menunjukkan adanya keberhasilan. Di siklus II terjadi peningkatan yaitu ketuntasan mencapai 71,42% dengan rata-rata 77,85 dan telah mencapai indicator keberhasilan, selanjutnya disiklus III kembali meningkat jadi 95,23% dengan rata-rata 93,57. Hasil afektif siswa di siklus I ketuntasannya mencapai 61,90% dengan rata-rata 73,57, kemudian disiklus II meningkat menjadi 80, 95% dengan rata-rata 80,23, begitu juga di siklus III mencapai 95, 23% dengan rata-rata 89, 28. Hal ini menunjukkan siswa dengan interpretasi sangat baik dan baik. Hasil psikomotorik siswa di siklus I ketuntasannya mencapai 52,38% dengan rata-rata 74,52, di siklus II terjadi peningkatan menjadi 71,42% dengan rata-rata 78,28, selanjutnya di siklus III kembali meningkat menjadi 95,23% dengan rata-rata 87,61. Ini menunjukkan psikomtorik siswa telah mencapai indicator keberhasilan.


Dari pemaparan di atas maka disarankan bahwa strategi pembelajaran poster session menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan bagi siswa.


 


 

Kata kunci : Poster Session, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rizka padilah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 28-11-2022 16:53
Terakhir diubah : 16-05-2023 10:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3492
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!