PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN KARAKTER GENETIK KULTIVAR SILESO GENERASI M-2 HASIL IRADIASI SINAR GAMMA

Ganda Elsandro Tumanggor (2023), PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN KARAKTER GENETIK KULTIVAR SILESO GENERASI M-2 HASIL IRADIASI SINAR GAMMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ganda Elsandro Tumanggor, Pertumbuhan, Produksi dan Karakter Genetik Padi Kultivar Sileso Generasi M-2 Hasil Iradiasi Sinar Gamma. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Dr Iswahyudi S.P., M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Ainul Mardiyah S.P., M.P sebagai pembimbing anggota.


            Penelitian ini dilakukan untuk Untuk mengetahui dosis iradiasi sinar gamma yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi populasi serta Menentukan keragaman genetik dan heritabilitas padi kultivar sileso generasi M-2 hasil Iradiasi sinar gamma. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, yang berlangsung selama lima bulan yang di mulai dari bulan Juli sampai dengan  November 2021.


Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal. Faktor yang diteliti adalah padi kultivar sileso generasi M-2 hasil Iradiasi sinar gamma G0  (dosis 0 gray), G1 (100 gray), G2 (200 gray), G3 (300 gray), dan G4 (400 gray). Pengamatan dilakukan pada semua tanaman dan diulang sebanyak 5 kali.


Parameter  yang diamati dalam penelitian ini yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah anakan (batang), jumlah anakan produktif (batang), umur keluar malai (hari), Panjang malai (cm), umur panen (hari), jumlah gabah (butir permalai), persentase gabah berisi (%), persentase gabah hampa (%), produksi pertanaman (gram).


Hasil penelitian padi kultivar Sileso generasi M-2 berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah anakan produktif, umur keluar malai, panjang malai, umur panen, persentase gabah berisi, persentase gabah hampa, produksi per tanaman. Adapun terhadap parameter jumlah gabah  berpengaruh tidak nyata.  Hasil terbaik terhadap perlakuan dosis iradiasi sinar gamma terbaik untuk memperoleh mutan berumur genjah dijumpai pada perlakuan G4 sedangkan  tanaman berproduksi tinggi dijumpai pada perlakuan G3.


            Hasil penelitian diperoleh nilai variabilitas genetik luas dan nilai heritabilitas tinggi terdapat pada karakter jumlah anakan, jumlah anakan produktif, umur keluar malai, panjang malai, persentase gabah berisi, persentase gabah hampa, umur panen dan produksi pertanaman. Hal ini menunjukkan bahwa seleksi yang diinginkan akan lebih berarti dan dapat dilanjutkan pada M-3.


       Berdasarkan hasil penelitian perlu dilakukan penelitian lanjutan terhadap padi kultivar sileso  generasi M-3 untuk melihat pola segregasi pada M-2 dalam penentuan parameter seleksi terbaik.

Kata kunci : Gamma, Genetik, Variabilitas, Padi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ganda Elsandro Tumanggor
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2023)
Tanggal disimpan : 25-11-2022 16:15
Terakhir diubah : 25-11-2022 16:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3476
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!