ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB BUTIR SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS IV/B DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD 1 KUALA SIMPANG ACEH TAMIANG

Vivi Wulandari (2022), ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB BUTIR SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS IV/B DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD 1 KUALA SIMPANG ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Melalui pembelajaran HOTS, siswa diharapkan dapat mempelajari hal-hal yang belum diketahuinya dan kemudian berhasil menerapkannya pada situasi baru.Keterampilan tersebut tentunya sangat dibutuhkan generasi muda untuk menghadapi era industri 4.0 yang memiliki dinamika kerja yang tidak menentu.Lingkungan dengan berbagai jenis permasalahan dan keberagaman karakter manusia menuntut kita untuk mudah beradaptasi sehingga kemampuan HOTS sangat mendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan butir soal Higher Order Thinking Skills dikelas IV/B. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenis penelitian yang duigunakan adalah analysis Content. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 1 Kuala Simpang Aceh Tamiang di kelas VI/B. Obyek penelitian ini adalah Kemampuan siswa dalam menjawab butir soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi.Teknik Analisis data terdiri dari beberapa tahapan yaitu reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotes kerja. Dari hasil penelitian Pada tingkat kognitif Prestructural untuk tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidupsebanyak 18 siswa yang menggunakannya. Sedangkan siswa yang menggunakan tingkat kognitif Unistructural sebanyak 17 siswa. Pada tingkat kognitif Multistructural sebanyak 12 siswa. Sedangkan pada tingkat kognitif Relational sebanyak 18 siswa. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Kepada Guru diharapkan mampu menjelaskan soal-soal HOTS dengan tepat dan jelas dalam proses pembelajaran agar siswa mampu mengerjakan soal HOTS dengan tepat.  Siswa diharapkan mampu memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran berlangsung serta siswa diharapkan lebih kritis dan berani untuk bertanya dan berpendapat pada teman dan guru.

Kata kunci : Menjawab Butir Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Vivi Wulandari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 17-11-2022 15:57
Terakhir diubah : 05-12-2022 11:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3445
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!