PENGARUH PAKAN KOMERSIAL DENGAN KADAR PROTEIN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)

Andri Sihombing (2022), PENGARUH PAKAN KOMERSIAL DENGAN KADAR PROTEIN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Udang windu (Penaeus monodon) merupakan sebuah komoditas unggul di Indonesia dalam upaya penghasil devisa negara dari eksport non migas. Khususnya Aceh udang windu merupakan komoditas utama para petani untuk budidaya, salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas udang windu adalah pakan. Pakan merupakan salah satu faktor utama yang dapat menunjang perkembangan budidaya udang windu, pakan yang berkualitas bagi udang merupakan pakan yang mengandung nutrien penting dalam jumlah yang cukup, salah satunya kandungan protein dalam pakan.


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kadar protein yang terbaik untuk mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih udang windu. Perlakuan yang diterapkan adalah  pemberian pakan komersial dengan kadar protein yang berbeda, yaitu 26%, 35%, dan 40% kadar protein dalam pakan komersil. Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL),yang terdiri dari 3 perlakuan dan 4 pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan protein yang berbeda tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (P>0,05) pada kelangsungan hidup udang, namun pada kadar protein 26 % menunjukkan hasil yang berbeda nyata (P<0,05) pada perlakuan 40% dan 35% untuk pertumbuhan bobot mutlak udang selama penelitian, rasio konversi pakan udang terbaik pada perlakuan 26% dengan nilai 10,24 % berbeda nyata (P<0,05)  pada perlakuan 35% dimana konversi pakan mencapai 14,43% dari pakan yang dihabiskan untuk meningkatkan pertumbuhannya selama penelitian.


Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa dengan kadar protein 40% protein pada pakan menghasilkan kadar protein terbaik untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih udang windu (Penaeus monodon).

Kata kunci : kelangsungan hidup, pakan, pertumbuhan, udang windu

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Andri Sihombing
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2022)
Tanggal disimpan : 07-11-2022 15:10
Terakhir diubah : 14-11-2022 16:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3424
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!