ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP KELAS III SD NEGERI SUKA JADI KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG

KANA'AH SAKINAH (2021), ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP KELAS III SD NEGERI SUKA JADI KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan hal yang penting karena dapat menambah pengalaman anak dalam proses pembelajaran. Keterbatasan  sumber belajar di sekolah membuat guru harus kreatif dalam memanfaatkan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar.


Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar lingkungan yang dilaksanakan guru dan kendala apa saja yang di alami guru dalam melaksanakan pemanfaatan sumber belajar lingkungan pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan Kelas III SD Negeri Suka Jadi Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang.


Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas III dan perwakilan siswa kelas III sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Observasi, Wawacara dan Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan dari miles dan huberman yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triagulasi sumber.


Hasil dari penelitian diperoleh bahwa guru sudah memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah, barang bekas dan masyarakat sekitar dalam proses pembelajaran. Adapun pemanfaatan lingkungan fisik yang dilaksanakan yaitu memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar sekolah, membawa siswa langsung ke luar kelas untuk mengamati proses pencangkokan. Sedangkan pada pemanfaatan masyarakat sekeliling sekolah guru mengajak siswa untuk langsung mengunjungi kebun warga dan belajar mengenai tumbuhan. Selain itu, pada pemanfaatan Bahan sisa yang tidak terpakai, guru memanfaatkan sampah kering, sampah basah, daun kering serta memanfaatkan serbuk kayu yang sudah tidak di pakai sebagai sumber belajar. Sedangkan kendala yang di alami guru masih ada siswa yang bermain dan menggangu teman  lainnya selain itu keterbatasan waktu juga menjadi salah satu kendala guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.


 

Kata kunci : analisis, sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar lingkungan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : KANA'AH SAKINAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 02-11-2022 14:20
Terakhir diubah : 21-02-2023 11:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3414
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!