RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) TERHADAP DOSIS PUPUK FOSFAT DAN VARIETAS YANG BERBEDA

Layli Pitri Yani (2023), RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) TERHADAP DOSIS PUPUK FOSFAT DAN VARIETAS YANG BERBEDA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk fosfat dan varietas terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah. Serta mengetahui interaksi antara keduanya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, yang berlangsung selama empat bulan yang di mulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni tahun 2022.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), polafaktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu Faktor dosis pupuk fosfat yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: P1: 120 kg/ha P205 (1,7 gr/polybag), P2:180 kg/ha P205(2,5 gr/polybag), P3: 240 kg/ha P205 (3,3 gr/polybag) Faktor varietas bawang merahyang terdiridari 3 taraf, yaitu:V1:Varietas Tajuk,V2: Varietas Bima Brebes,V3: Varietas Bauji. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu tinggi tanaman, jumlah daun tanaman bawang merah (umur 15, 30, dan 45 HST), jumlah umbi per (siung), berat umbi basah per tanaman sampel (gr) dan per plot (kg), berat umbi kering per tanaman sampel (gr), dan per plot (kg).Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk fosfat berpengaruh tidak nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan jumlah daun (umur 15, 30, dan 45 HST), jumlah umbi per tanaman sampel dan berat umbi per plot serta berat umbi kering per tanaman sampel dan per plot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan varietas berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan jumlah daun (umur 15, 30 dan 45 HST), jumlah umbi per tanaman sampel, berat umbi per plot, berat umbi kering per tanaman sampel dan per plot. Hasil terbaik di peroleh pada perlakuan V1 (Varietas Tajuk).Interaksi antara perlakuan dosis pupuk fosfat dan varietas berpengaruh nyata terhadap jumlah umbi dan berat umbi basah per plot. Hasil terbaik di peroleh pada kombinasi perlakuan dosis pupuk fosfat 120 kg/ha dengan varietas tajuk (P1V1).Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah yang optimal disarankan untuk menggunakan pupuk fosfat dengan dosis 120 kg/ha yang dikombinasikan dengan penggunaan umbi dari varietas tajuk. 

Kata kunci : Pertumbuhan, Produksi Tanaman Bawang Merah, Pupuk Fosfat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Layli Pitri Yani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2023)
Tanggal disimpan : 28-10-2022 16:44
Terakhir diubah : 31-10-2022 14:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3407
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!