PENERAPAN SYSTEM THINKING LEARNING CYCLE 7E (STLC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Mellysa (2021), PENERAPAN SYSTEM THINKING LEARNING CYCLE 7E (STLC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis pendekatan System Thinking. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simpang Ulim pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 masing-masing sebanyak 26 orang siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa yaitu lembar angket, sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dalam bentuk lembar tes pilihan ganda pada materi koloid. Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan dependet t test. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa menunjukkan persentase motivasi belajar siswa secara keseluruhan pada kelas eksperimen sebesar 79,23% atau termasuk kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,81% atau kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa harga t1-1/2a dengan dk = 50 dari daftar distribusi adalah 1,68 dan hasil pengujian didapatkan t = 1,86, dimana -1,68 < 1,86 <1,68 jadi H0 ditolak. Berarti terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis pendekatan system thinking dibandingkan yang diajarkan dengan model konvensional. Sementara itu hasil dependent t test terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa harga t1-1/2a dengan dk = 50 dari daftar distribusi adalah 1,68 dan hasil pengujian didapatkan t = 3,75, dimana -1,68 < 3,75 <1,68 jadi H0 ditolak. Berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis pendekatan system thinking dibandingkan yang diajarkan dengan model konvensional.

Kata kunci : Hasil Belajar, Learning Cycle 7E, Motivasi Belajar, System Thinking.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mellysa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 19-10-2022 20:49
Terakhir diubah : 21-11-2022 19:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3372
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!