HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI ,ASA PANDEMI COVID -19 DI SMA NEGERI 3 LANGSA

Roito Lumban Gaol (2023), HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI ,ASA PANDEMI COVID -19 DI SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi masa pandemi covid -19 di SMA Negeri 3 Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yakni sampel yang dipilih yaitu siswa kelas XI IPS-1 sebanyak 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran yang diterapkan dalam ruangan kelas yakni model problem based learning (PBL). Sedangkan untuk kelas XI IPS-2 sebanyak 20 orang dijadikan sebagai kelas kontrol yakni menggunakan model pembelajaran langsung atau biasa. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari pretest dan posttest yang disusun berlandaskan indikator berpikir kritis yaitu: (1) merumuskan masalah; (2) memberi argumen; (3) memberikan bimbingan; (4) melakukan induksi; (5) melakukan evaluasi dan (6) menarik kesimpulan. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Yakni diperoleh hasil thitung = 5,866 dan nilai ttabel = 2,024. Karena thitung =5,866 > ttabel (0,05:38) = 2,024 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan HI diterima artinya pada nilai signifikan = 0,05 bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis menyarankan untuk menggunakan problem based learning (PBL) dalam mengajar pelajaran geografi karena dapat meningkatkan tingkat berpikir kritis bagi peserta didik.

Kata kunci : Problem based learning berpikir kritis siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Roito Lumban Gaol
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 17-10-2022 11:05
Terakhir diubah : 16-05-2023 10:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3358
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!