PENGARUH MASSA DAN WAKTU KONTAK TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM UNTUK MENINGKATKAN MUTU MINYAK JELANTAH

Siti Latifah (2022), PENGARUH MASSA DAN WAKTU KONTAK TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM UNTUK MENINGKATKAN MUTU MINYAK JELANTAH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kualitas mutu minyak ditentukan dari kandungan bilangan peroksida dan kadar asam lemak bebas. Salah satu metode untuk meningkatkan kualitas minyak jelantah yaitu adsorpsi. Adsorben dari cangkang telur ayam merupakan material yang memiliki gugus fungsional seperti hidroksil (OH) karbonil (C=O) dan amina (C≡N), sehingga mampu mengadsorpsi asam lemak bebas dan bilangan peroksida pada minyak jelantah. Pada penelitian ini cangkang telur ayam diaktivasi secara fisika menggunakan furnace  pada suhu 500 °C selama 2 jam dilanjutkan dengan aktivasi secara kimia menggunakan asam sulfat (H2SO4) 30%,  analisis kadar asam lemak dan bilangan peroksida dilakukan secara titrasi. Karakterisasi adsorben dari cangkang telur ayam dilakukan menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR). Berdasarkan analisis FTIR diketahui bahwa adsorben dari cangkang telur ayam mengandung gugus fungsional diantaranya gugus hidroksil (OH), karbonil (C=O) dan amina (C≡N). Adsorben dari cangkang telur ayam mengandung kadar air sebesar 0,07%. Persentase penurunan asam lemak bebas tertinggi terjadi pada massa adsorben 15 g dan waktu kontak 60 menit dengan nilai penurunan sebesar  95,27% sehingga persentase kadar asam lemak bebas  diperoleh sebesar 0,435%. Persentase penurunan bilangan peroksida tertinggi terjadi pada massa adsorben 15 g dan waktu kontak 60 menit dengan nilai penurunan sebesar  94,00% sehingga  kadar bilangan peroksida diperoleh sebesar 0,9 mek O2/kg.


 

Kata kunci : Adsorben, Cangkang Telur Ayam, Minyak Jelantah, Asam Lemak Bebas, Bilangan Peroksida, Organoleptik, Adsorpsi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Latifah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2022)
Tanggal disimpan : 04-10-2022 16:14
Terakhir diubah : 08-10-2022 22:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3324
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!