PERAMALAN KEBUTUHAN BLANKO SERTIFIKAT TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN ACEH TAMIANG MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES DENGAN INTERPRETASI ANALISIS SWOT

Rini Andriani (2022), PERAMALAN KEBUTUHAN BLANKO SERTIFIKAT TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN ACEH TAMIANG MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES DENGAN INTERPRETASI ANALISIS SWOT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sertifikat tanah adalah surat tanda bukti hak yang dijilid dan diterbitkan oleh kantor pertanahan yang berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat mengenai data fisik dan data yuridis yang termuat didalamnya. Kantor pertanahan kabupaten Aceh Tamiang merupakan kantor yang menangani masalah pengurusan sertifikat tanah di kabupaten Aceh Tamiang. Oleh karena itu masyarakat dengan mudah mengetahui status atau kedudukan hukum dalam bidang tanah, luas tanah, letak tanah dan batas-batas tanah siapa. Namun pengurusan sertifikat sering mengalami kendala dan keterlambatan yang disebabkan minimnya stok blanko. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan kegiatan peramalan (Forecasting) untuk mengetahui blanko sertifikat tanah yang akan datang. Penelitian ini melakukan peramalan menggunakan metode Trend Analysis dan Holt-Winters yang cocok untuk mengolah data yang bersifat deret waktu (Time Series), kemudian ke 2 metode ini akan dibandingkan yang mana paling terbaik. Hasil akhir menunjukkan Nilai MAPE dari setiap metode yaitu Trend Analysis = 12% dan Holt-Winters = 11,08% untuk peramalan 1 tahun kedepannya. Dapat dikatakan nilai error yang terkecil adalah Holt-Winters, dari data pemakaian blanko sertifikat tanah dengan nilai MAPE 11,08% yang dimana dikatakan sebagai kategori Baik dengan menghasilkan nilai total Forecast = 28.376 eksemplar dengan rata-rata perbulan = 2.364 eksemplar hasil rata-rata perbulan ini dijadikan acuan jumlah pemakaian blanko sertifikat tanah yang untuk tiap bulannya kisaran 2.364 eksemplar. Setelah itu dilakukan interpretasi analisis SWOT untuk pengembangan strategi kedepannya dengan melihat kekurangan dan peluang yang akan terjadi.

Kata kunci : Peramalan, Time Series, MAPE, dan Analisis SWOT

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rini Andriani
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 09-09-2022 15:26
Terakhir diubah : 20-09-2022 11:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3255
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!